Profil

  • Tentang
  • Tentang
  • Tentang
Sloka Insitute adalah organisasi non-pemerintah dengan fokus program pada pengembangan media, jurnalisme, dan informasi yang berkantor di Denpasar, Bali. Cita-cita kami adalah mewujudkan hak publik atas informasi.

Sejak berdiri pada 27 Maret 2007, Sloka Institute melaksanakan program-program untuk mewujudkan cita-cita tersebut melalui advokasi keterbukaan informasi publik, meningkatkan kapasitas warga untuk mengakses informasi publik maupun memproduksi informasi, mengelola media jurnalisme warga sebagai suara alternatif bagi publik, menggunakan media jurnalisme warga untuk mengawasi pelayanan publik, dan terlibat aktif menyikapi isu-isu kritis di Bali melalui jaringan lokal. Dalam bentuk praktis, kami melakukan kampanye keterbukaan informasi publik, mengelola media jurnalisme warga, memberikan pelatihan jurnalisme warga, serta berjejaring dengan lembaga-lembaga sejenis khususnya di Bali dan Indonesia pada umumnya. Penerima Manfaat

Program

Riset & Pengembangan

Riset ANU

Sloka Institute melakukan beberapa riset terkait media jurnalisme, dan teknologi informasi di Bali maupun di Indonesia.

Jurnalisme Warga

Jurnalisme Warga 02

Media jurnalisme warga memberikan peluang dan ruang besar bagi warga untuk terlibat dalam pengelolaan informasi. Sejak 2007, Sloka Institute mengelola media jurnalisme warga BaleBengong.net yang dikelola secara kolaboratif bersama Bali Blogger Community (BBC).

UU Project

UU Project PPLH

Untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan warga dalam menggunakan telepon seluler sebagai alat untuk memproduksi informasi, Sloka Institute melaksanakan program UU Project.

Kelas Menulis

Kelas Menulis 02

Sebagai upaya peningkatan kapasitas warga dalam memproduksi informasi, Sloka Institute melaksanakan program kelas menulis jurnalisme warga. Program ini diadakan dengan dukungan berbagai lembaga seperti I am an Angel (IAA) dan Conservation International (CI) Indonesia.

Advokasi

Advokasi KIP

Keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu buah Reformasi di Indonesia. Melalui Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, negara ini mewajibkan adanya keterbukaan informasi di Badan-Badan Publik. Namun, keterbukaan informasi publik masih menghadapi banyak tantangan.

Penerima Manfaat

Secara umum penerima utama manfaat program Sloka Institute adalah netizen sebagai produsen dan konsumen informasi, kelompok terpinggirkan dan warga pedesaan.
Kami mengajak warga agar terlibat aktif tidak hanya mengonsumsi informasi tapi juga memproduksinya sendiri. Kami melatih warga-warga pedesaan di Bali agar bisa mengakses informasi publik dan menyebarluaskannya melalui teknologi informasi terutama Internet.
Meskipun secara umum penerima manfaat program kami ada di Bali, kami juga memberikan pelatihan ke luar Bali terutama di Indonesia bagian timur seperti Nusa Tenggara dan Sulawesi.